Sosialisasi Kearsipan dan Tata Naskah Dinas di Lingkungan BTKLPP Kelas I Makassar

Rabu, 01 Agustus 2018, 00:39:11 WITA, Dibaca : 71 kali


Gerakan Kantor BERHIAS adalah Gerakan kantor Berbudaya Hijau dan Sehat di lingkungan Kementerian Kesehatan, merupakan upaya mempercepat dan mensinergikan tindakan dalam mewujudkan kantor hijau dan sehat di lingkungan Kementerian Kesehatan.
Dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/menkes/153/2018 TENTANG Gerakan Kantor Berbudaya Hijau dan Sehat di Lingkungan Kementerian Kesehatan (BERHIAS), Gerakan Kantor BERHIAS dilaksanakan melalui: a. penatausahaan kegiatan kantor ramah lingkungan; b. penatausahaan kegiatan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) perkantoran; c. penatausahaan efisiensi energi dan air; d. penatausahaan kearsipan; dan e. penatausahaan ringkas rapi, resik, rawat, rajin (5R). Gerakan Kantor BERHIAS merupakan budaya yang mana diperlukan promosi dan penumbuhan kesadaran melalui kampanye, edukasi, serta sosialisasi baik melalui media informasi ataupun kegiatan berkala dalam bentuk pelatihan, seminar, orientasi, perlombaan dan penyediaan laporan dan dokumentasi. Dan salah satu bagian dari gerakan kantor BERHIAS yaitu Penatausahaan Kearsipan, pada tanggal 30 sampai 31 Juli 2018 BTKLPP Kelas I Makassar Melakukan Sosialisasi Kearsipan yang dihadiri oleh Semua Pejabat Struktural, Staf BTKLPP Kelas I Makassar dan Perwakilan Staf KKP Kelas I Makassar.
Adapun narasumber dari Bagian Kepegawaian dan Umum P2P Kemenkes RI yaitu Ibu Asnawiyah dan Ibu Jacomina Kadja, S.Sos.
Dalam Presentasinya Ibu Jacomina Kadja, S.Sos menjelaskan tentang kerasipan antara lain : (1)    Arsip dinamis di bagi menjadi 3 yaitu arsip aktif, inaktif dan vital; (2).    Peranan arsip diantaranya adalah sebagai berikut :  a.    Sumber Informasi dan sumber dokumentasi b.    Bahan atau alat pembuktian (bukti otentik). c.     Bahan dasar perencanaan dan pengambilan keputusan. d.    Barometer kegiatan suatu organisasi mengingat setiap kegiatan pada umumnya menghasilkan arsip. e.    Bahan informasi kegiatan ilmiah lainnya; (3).    Tata cara Pembuatan Surat Verbal, Surat Keluar,Konsep Surat, Pemberian Paraf; (4).    Tata cara Pengarsipan Surat yang baik dan benar dengan box file.
Sebelum mengakhiri sosialisasinya tentang kearsipan ibu Jacomina Kadja, S.Sos berharap agar ilmu yang didapat selama 2 hari ini benar-benar diimplementasikan dan ditekuni, selain itu beliau akan memantau dalam pengelolaan kearsipan yang ada di BTKLPP Kelas I Makassar.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Direktorat Jenderal Pencegahan & Pengendalian Penyakit
Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP)
Kelas I Makassar.


  • Pro Rakyat
  • Inklusif
  • Responsif
  • Efektif
  • Bersih

Statistik

012831

Pengunjung hari ini : 19
Total pengunjung : 012831

Hits hari ini :21
Total Hits : 48695

Pengunjung Online: 1


Copyright BTKLPP Makassar 2018